Perbedaan Silinder Pada Motor

Diposkan oleh aLdyputRa on Saturday, June 27, 2015



Akhir-akhir ini kita banyak melihat banyak kendaraan bermotor yang mengeluarkan produk terbarunya. Mulai dari seri yang biasa sampai dengan seri sport. Yang membedakan antara beberapa keluaran terbaru itu adalah mesin silinder yang ada, baik itu 1 silinder atau 2 silinder.

Nah, kali ini kami akan memberikan sedikit perbedaan mesin bersilinder 1 atau bersilinder 2. Berikut ini adalah beberapa perbedaannya:

Power Mesin
Membahas perbandingan mesin 1 silinder dengan 2 silinder tentu saja yang paling membedakan adalah performa mesin. Umumnya, untuk volume mesin yang sama (250cc misalnya), kecepatan maksimum yang dihasilkan oleh motor 2 silinder lebih unggul dibandingkan motor 1 silinder.
Kelemahan mesin 1 silinder umumnya tidak kuat digeber pada putaran mesin tinggi. Biasanya getaran mesin lumayan terasa dan kestabilan menjadi agak goyah jika dibandingkan mesin 2 silinder.
Maintenance
Dalam hal perawatan, motor bermesin 1 silinder lebih murah dan mudah karena jeroan mesin lebih simpel dengan parts yang tidak terlalu banyak. Kerja para mekanik dalam menangani motor 1 silinder juga lebih ringan karena jumlah piston cuma 1 dengan 4 klep. Selain itu, arsitektur mesin juga lebih sederhana.
Konsumsi BBM
Untuk pemakaian bahan bakar, motor bersilinder tunggal lebih irit karena powernya lebih terfokus pada rpm rendah, sedangkan pada motor 2 silinder, performa mesin didapat melalui rpm tinggi yang memerlukan pembakaran lebih besar. Dengan pengujian motor 1 silinder dengan 2 silinder yang dijalankan dengan kecepatan yang sama selama 1 jam, mesin 1 silinder lebih minim konsumsi bahan bakar ketimbang mesin 2 silinder.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment