Tips Mengganti Oli Kendaraan Bermotor

Diposkan oleh aLdyputRa on Friday, June 26, 2015


Bagi pengendara kendaraan bermotor khususnya roda dua, sepertinya bagian terpenting yang harus diperhatikan adalah kapan dan bagaimana cara kita mengganti oli kendaraan tersebut. Tidak jarang banyak kendaraan bermotor yang harus turun mesin karena lalai melakukan penggantian oli secara berkala.

Kali ini, kami akan memberikan sedikit tips untuk kalian para pengguna kendaraan roda dua mengenai tips dan trik mengganti oli untuk kendaraan yang kalian miliki. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kami berikan:
  • Saat akan ganti oli motor maka sebaiknya kondisi mesin dalam keadaan panas. Anda bisa melakukannya setelah beraktivitas menggunakan motor.
  • Siapkan wadah di bawah mesin untuk menampung oli yang akan keluar.
  • Buka baut penutup pembuangan, umumnya terletak di bawah bagian sebelah kiri blok mesin (crankcase). Untuk memudahkan saat membuka baut tersebut, posisikan motor dengan standar samping.
  • Selanjutnya bukalah baut pengisian oli yang terletak bagian atas sebelah kanan blok mesin.
  • Untuk mempercepat proses membersihkan dan membuang sisa-sisa oli pada mesin hembuskanlah udara kompresor pada bagian lubang pengisian oli. Apabila anda tidak memiliki alat kompresor untuk menghembuskan udara, lakukanlah dengan cara menghentakkan kick starter secara berulang-ulang sampai pelumas yang masih menempel pada mesin ikut keluar.
Nah, bagaimana? Mudah bukan? Semoga setelah mendapatkan informasi yang kami berikan kalian semua tidak lalai untuk mengganti oli mesin kendaraan kalian secara berkala agar kendaraan motor yang kalian miliki tetap terawat.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment