3 Cara Mengganti Oli Mobil

Diposkan oleh aLdyputRa on Thursday, July 23, 2015

 
Bagi para pemilik kendaraan bermotor baik roda dua atau roda empat, tentu mengganti oli adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh pemilik tersebut. Selain dapat membuat mesin awet, tentu agar tidak terjadi kemungkinan yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah 3 cara penggantian oli mobil yang bisa kami berikan:
  • Angkat mobil Anda. Gunakan dongkrak dan penyangga. Pada permukaan yang datar pasang rem tangan dan dongkrak mobil Anda, tahan dengan penyangga. Posisi penyangga yang salah akan dapat merusak mobil Anda, jadi pastikan Anda telah membaca buku petunjuk mobil Anda. Dan juga amat berbahaya untuk bekerja di bawah mobil yang berdiri di atas dongkrak, jadi pastikan Anda meletakkan mobil Anda pada penyangga.
  • Panaskan mobil Anda sejenak agar oli menjadi hangat. 2 sampai 3 menit sudah cukup untuk membuat oli sedikit encer dan akan mengalir lebih cepat. Partikel padat dari kotoran akan tercampur pada oli dan cenderung mengendap saat oli dingin. Biarkan mengalir, sehingga bagian silinder akan bersih seluruhnya. Pada saat mesin masih hidup, siapkan alat-alat yang diperlukan. Anda akan perlu oli yang baru, saringan oli baru, baki dan kertas koran bekas untuk menampung oli bekas, dan mungkin kunci sok dan senter. Baca petunjuk mobil Anda untuk memastikan jenis oli dan saringan yang diperlukan.
  • Buka penutup oli. Buka kap mesin dan cari posisi penutup oli yang ada pada bagian atas mesin Anda. Di sinilah Anda akan menambahkan oli baru setelah oli lama dibuang. Dengan membuka tutup oli ini, oli lama akan lebih mudah mengalir karena ada aliran udara di bagian atas silinder.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment